Saturday 8 September 2012

Balada Seputar KKN - bagian 1

KKN adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata. Namun terkadang, artinya malah jadi Keliling Keliling Negeri, hehe.. (emang bener kok!). KKN itu sendiri diadakan sebagai bakti mahasiswa terhadap masyarakat. Dalam prakteknya, mahasiswa bisa membagi /share atau malah menerapkan ilmu yang diperolehnya dari bangku perkuliahan untuk membantu masyarakat. Tapi intinya sebenernya sih, jadi pesuruh di kampung orang. Bikin acara ini dong?..ya bikiin... Bantuin ini dong?..ya dibantuiin.. gitu!

 
Yang jelas bukan singkatan Korupsi Kolusi Nepotisme

KKN untuk angkatan saya terjadi pada tahun 2011. Tahun yang terdiri dari angka 2-0-1-1..., entah apa artinya angka tersebut, saya juga tidak tahu (lupakan!). Prosedur KKN itu sendiri dimulai dengan pendaftaran awal di situs resmi kampus. Seluruh mahasiswa dari tiap jurusan, fakultas, yang ada di kampus dipaksa mendaftar dalam rentang waktu yang diberikan.

Selanjutnya, ada yang namanya Coaching atau proses pembinaan...hm, pembinaannya cukup simpel sih. Kami yang gaul ini dikumpulin dalam sebuah ruangan tertutup, lalu diceramahi sama dosen-dosen, yang semuanya itu hanya bullshit!... Eh, maksud saya, semua itu hanya teori (hehe..). Yah, teori yang masuk kuping kanan, keluar dari kuping itu lagi. Sukur-sukur ada yang keluar kuping kiri, jadi sempat ada yang singgah. Kalo yang singgah itu bisa dicerna otak, maka dia bakal jadi ilmu.. Dan, kalo enggak, bakal jadi eek kuping..


Perhatikan ya anak-anak.. Perhatikan!
Papan tulis ini kosong.
Kenapa kosong? Karena belum diisi..

Habis tuh, si panitia KKN pun menyelenggarakan ujian (Haah?!.. Ujiaan??)... Sumpah, ga ngerti deh. Masa’ habis pembinaan dikasih ujian juga. Bukannya malah disuruh siap-siap, beres-beres rumah, pamitan sama orang tua, nulis surat wasiat (eh?).. Oke deh, kita ikut aja gaya loe, emang loe berapa sekiloe?.. Dan, semua mahasiswa kembali dikumpulkan dalam ruangan tertutup, lalu diatur-atur pula duduknya. Heran.., sampe-sampe satpam sama security ikut masuk ke ruangan buat ngatur, dengan dibarengi lotot-an dan nyengir-an di muka mereka yang terkontaminasi.. Miris gaan!

Lalu, soal dan lembar jawaban pun dibagikan.. Nah lo, dari sini aja udah ada yang aneh. Misalnya pertanyaannya gini:

Kenapa KKN perlu dilaksanakan?
a. Agar bisa gaul dengan masyarakat
b. Agar bisa mengisi liburan
c. Jawaban a dan b benar
d. Semua jawaban benar
e. Semua jawaban salah

Pilihan ganda ga mutu macam apa inih?.. Keliatan banget kan, yang bikin soal ga niat bikin pilihan gandanya..

Oke deh, okee.. Saya pilih yang jawaban E (walau sebenernya pikiran lagi ga di badan).. Maka, dengan gerakan super kilat, sang pensil 2B yang tadinya terbaring lemah di meja, tiba-tiba terlontar ke udara, berputar-putar, dan (seet!) dia sudah berada di jemari saya.. Hmm! (dagu diangkat tinggi-tinggi).. Namun, begitu ujung pensil mengarah ke lembar jawaban.... What the heuuw?!.. kok lingkaran jawabannya cuman ada A, B, C, sama D?... Yang E kemanaa? Bukan hanya saya, kiri-kanan juga mengalami hal serupa..

Ga nyangka, ada ujiannya...
Dan ga nyangkanya lagi, ujiannya ngaco..

Hal ini jelas, langsung ditanyakan ke pengawas yang tidak lain (duet mabok) satpam dan security tadi.. Dan, lagi-lagi miris gan!... Mereka ga bisa jawab. Yang terjadi adalah: mereka diam, termenung, dan menatap kosong ke lembar jawaban di tangannya.. Untuk beberapa detik dalam hidup kami, tidak ada sepatah katapun terlontar dari mulut mereka... Miris gan! Emang miris.. (geleng2)

Akhirnya, ujian ngaco itu pun berakhir dengan kekacauan.. Buletan untuk jawaban E dibikin sendiri di sebelah buletan jawaban D...manual, pake pensil! Trus, lembar jawaban disulap jadi pesawat kertas dan dilempar ke muka ‘miris’ sang pengawas. Lalu, pengawas yang telah kehilangan jati dirinya memunguti pesawat itu satu demi satu (lagi-lagi miris gan!)

Bangku-bangku beterbangan dan dibanting oleh mahasiswa yang keselnya ga ketolongan.. Agar tidak terjadi pertumpahan darah, maka kami keluar dan menuju ruangan tertutup lainnya sesuai daerah KKN masing-masing.. Kalo yang tadi, itu dikelompokkan berdasarkan jurusan masing-masing (hehe..lupa sebutinnya di atas).

Sesuai pengumuman, saya ditempatkan oleh panitia KKN di daerah (em.. sebut saja..) Rupa. Yah, nama negeri yang cukup unik bagi saya, hik..hiks.. (terharu). Saya bagai manusia jalang, dari kumpulannya yang terbuang, bercampur dengan manusia jalang lainnya. Sambil deg-deg an menunggu kedatangan dosen pendamping KKN, kami pun main tebak-tebakan sesama orang asing..

A: Eh, nama kamu Udin, ya?
B: Ah, sok tau loh..
A: Hehe, mirip..                           <- orangnya kampung asli
C: Lu cantik banget, lu jurusan ekonomi ya?
B: Hah?! Gue kan cowok, bego!
C: Hehe, Gue kan cuman nebak..   <- patut diwaspadai selama KKN

Dan begitulah, tanpa terasa kami pun saling sok akrab, hingga hari KKN itupun tiba juga..


2 comments:

  1. kkkk~ Bang Sidqi selera humornya tinggi loh >.< kenapa engga bikin komik strip? #plok Saya ketawa gegulingan baca yang paling bawah XD heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. komik strip.... tease??...... wah mau dong jadi gulingannya... XD

      Delete